Berita Otomotif

Jadwal dan Lokasi Uji Emisi Kendaraan Gratis di Jakarta

Jadwal dan Lokasi Uji Emisi Kendaraan Gratis di Jakarta – Pemprov DKI Jakarta menyediakan fasilitas uji emisi gratis bagi para pemilik sepeda motor maupun mobil. Langkah ini bersamaan bersama dengan rencana Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi tingkat polusi udara di Ibu Kota.

Uji emisi gratis diutamakan bagi sepeda motor dan mobil yang udah berusia tiga tahun di Jakarta, serta belum pernah laksanakan pengujian.

Bagi kendaraan yang kedapatan belum ikuti atau lulus uji emisi akan dikenakan disinsentif cocok Peraturan Gubernur No.66 tahun 2020 perihal Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Berikut jadwal dan lokasi kesibukan uji emisi gratis yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta:

Rabu, 6 Januari 2021 di jalur Pemuda, Jakarta Timur
Rabu, 13 Januari 2021 di depan gedung CNI, Jakarta Barat
Senin, 18 Januari 2021 di Waduk Pluit, Jakarta Utara
Kamis, 21 Januari 2021 di jalur Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Selain di tempat tersebut, uji emisi juga bisa dikerjakan di bengkel resmi, kios uji emisi, dan kendaraan fasilitas uji emisi. Daftar tempat uji emisi bisa dilihat di aplikasi e-Uji Emisi.
Sanksi Bagi Pelanggar

Sepeda motor dan mobil yang tidak laksanakan atau lulus uji emisi gas membuang akan dikenakan sanksi cocok ketentuan yang berlalu.

Adapun sanksi yang diberikan berbentuk bantuan tarif parkir tinggi dan penegakan tilang. Hasil pelaksanaan uji emisi ini direkam dalam Sistem Informasi Uji Emisi dan bisa diakses oleh Dinas Perhubungan dan Kepolisian. Sehingga terintegrasi untuk kontrol kendaraan.

“Bahwa Peraturan Gubernur ini jadi berlaku sehabis enam bulan juga sejak tanggal diundangkan,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Syaripudin seperti dikutip Carmudi berasal dari laman resmi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta,

Penegakan hukum di jalur oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan mengacu kepada UU Nomor 22 Tahun 2009 perihal Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286. Sanksinya berbentuk denda maksimal Rp250 ribu untuk sepeda motor dan Rp500 ribu untuk mobil.
Kewajiban Uji Emisi Sudah Lama

Kewajiban tiap-tiap kendaraan menggerakkan uji emisi sebenarnya udah dikumandangkan sejak lama. Kewajiban berikut berlaku secara nasional tidak cuma di lokasi DKI Jakarta saja.

Setidaknya tersedia dua ketentuan yang mewajibkan kendaraan menekuni uji emisi. Pertama, Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 1999 perihal Pengendalian Pencemaran Udara. Kedua, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin belum lama ini mengusulkan sehingga pemerintah dibantu oleh pihak kepolisan mengelar razia untuk kendaraan-kendaraan pribadi yang tidak atau belum lolos uji emisi.

“Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi baku mutu, ya ditilang dan sistem pengadilan dikenakan sanksi. Diharapkan bersama dengan ada sanksi yang maksimal bisa menyebabkan dampak jera. Sehingga pemilik kendaraan akan rajin memelihara mobil kesayangannya sehingga cocok baku mutu,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *